RESHUFFLE KEPEMIMPINAN K2GB DIMULAI

Memasuki pertengahan bulan September 2015, Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB) melakukan reshuffle jabatan atas kepemimpinan grup. Berdasarkan kesepakatan dari keputusan hasil rapat para admin, maka terpilihlah Muhammad Mas Huri sebagai pimpinan grup yang baru. Ditimbang dari segi kompetensi, pria yang lebih akrab disapa Mas Huri ini memliki sejarah perkomikan yang memadai.

Mas Huri

Kesibukannya saat ini adalah sebagai instruktur tenaga pengajar di GlobalArt, yang merupakan franchise tempat kursus menggambar dari negeri jiran Malaysia. Kegemarannya menggambar dari masa playgroup, hingga mulai mencoba membuat komik pada saat dirinya duduk di kelas 5 bangku Sekolah Dasar (SD). Keseriusannya untuk membuat komik dimulai ketika Mas Huri mengenal desain grafis komputer dan bertemu teman lama yang berkecimpung di dunia percetakan. Jiwa seni “ngomik” dalam dirinya mulai tumbuh dan berkembang.

Mas Huri 1

Secara otodidak dengan membaca buku referensi yang tersedia, akhirnya Mas Huri berhasil menelurkan komik digital perdananya yang berjudul “Win of the Love”. Karena ambisinya untuk menerbitkan komik, lalu mas Huri mencoba membawa hasil karyanya ke salah satu penerbit yang ada di kota tempat dia tinggal. Alhasil, penerbit tersebut menolak karya mas Huri untuk diterbitkan. “Saya sadar kualitas karya saya belum masuk kapasitas layak terbit” gumam mas Huri menanggapi penolakan penerbit tersebut. Memang terkadang kesuksesan itu tidak semudah membalikan telapak tangan. Mas Huri terus mengasah kemampuan menggambarnya, hingga dia membuat ulang komik “Win of the Love” dengan teknik gambar dan perpaduan warna yang lebih matang. Di lain waktu, Mas Huri juga menelurkan komik digital keduanya yang berjudul “City Heroes”.

Mas Huri 2

Komik “City Heroes” ini juga sempat disodorkannya ke salah satu penerbit yang bernama Koloni. Seperti yang kita ketahui, Koloni adalah imprint dari penerbit M&C!, yang khusus menerbitkan komik karya komikus/cergamis Indonesia. Lagi dan lagi, karya komik Mas Huri ditolak oleh penerbit tersebut. Meski demikian, ambisi untuk berhasil menerbitkan komiknya melalui penerbit mayor masih kian membara. Tidak sedikit karya yang telah Mas Huri ciptakan, antara lain mini komik “Crazy Detective”, komik one shot “Best Friend Forever” di tahun 2012, “We are Family” di tahun 2013, “Menggapai Langit” di tahun 2014 dan sudah diterbitkan bersama kompilasi komik para pemenang dalam sebuah event grup dan dapat dipesan melalui POD (Process of Delivery), dan proyek komiknya yg terbaru ialah “Funky Teacher”, yang bekerja sama dengan Penerbit Kosong untuk memasarkan komik ini secara online dengan sistem POD. Semua dijalani dengan penuh suka cita disela kesibukannya sebagai seorang instruktur gambar. “Sekarang, lewat grup Komunitas Komikus Generasi Baru ini saya akan terus berkarya dan berkontribusi untuk mendukung kemajuan komik indonesia, semangat ini takkan pernah pudar!”, ungkapnya ketika diwawancarai tim K2GB.

Dengan ditetapkannya Muhammad Mas Huri sebagai tiang penerus semangat Komunitas Komikus Generasi Baru, diharapkan bisa memberikan angin segar dalam grup sekaligus menjadi badai semangat bagi grup yang sedang beranjak naik ini. Jayalah industri perkomikan Indonesia.

FP Mas Huri link: Ken Hoerie Comic Arts

Group link: Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB)

Iklan

Tentang dhanakhir

Comic Executor & Creative Director Komunitas Komikus Generasi Baru
Pos ini dipublikasikan di Berita Harian dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s