12 PERTANYAAN UNTUK MENJADIKAN KHAE SEBAGAI ADMIN K2GB

Oktober 2015 merupakan bulan dimana Komunitas Komikus Generasi Baru atau yang lebih akrab disapa K2GB mengangkat admin baru sebagai pasokan amunisi tambahan untuk membuat grup semakin berkembang. Kali ini yang menyita perhatian adalah seorang cosplayer yang eksis di kalangan komikus nasional karena dirinya selalu meng-cosplay-kan beberapa karakter komik Indonesia disetiap event yang dia singgahi. Penampilan yang selalu nyentrik disetiap keikutsertaannya dalam sebuah event dengan ciri khas jaket oranye dihiasi peci dikepalanya, tak lain dan tak bukan adalah Khae Mohamad Khaerul Fahmi. Nasionalisme akan kecintaannya terhadap komik nasional menyita perhatian K2GB untuk meminang dirinya untuk bisa bergabung menjadi bagian dari kepengurusan grup K2GB.

Khae

Berikut adalah wawancara tim K2GB untuk menarik antuias Khae menjadi bagian dari eksistensi grup K2GB:

1. Mengapa Khae menyenangi dunia cosplayer?

“Saya menjadi cosplayer karena kecelakaan :D, berawal dari keisengan menjadi Bajuri (tokoh komik Garudaboi) yang merupakan tokoh komik Indonesia favorit saya, sampai dinotice yang bikin komiknya. Notice dari Senpai Galang membuat saya bersemangat untuk berperan menjadi tokoh utama komik Garudaboi ciptaannya. Minimnya apresiasi komik juga menjadi salah satu alasan saya tetap bercosplay khusus karakter komik Indonesia sebagai sarana pengenalan bahwa komik Indonesia itu eksis :D, dan sekarang sepertinya sudah lumayan banyak yang mengikuti komik Indonesia. Bukan..!! bukan karena saya yang cosplay, tapi karena semakin ke sini komik Indonesia semakin bagus ^^.”

2. Sejak kapan Khae menggeluti dan turut serta dalam kegiatan cosplayer?

“Saya memulai cosplay saat perhelatan Hellofest 2014. Seperti yang tadi disebutkan saya menjadi Bajuri. Respon masyarakat yang datang ke sana beragam, ada yang menyamakan dengan Pak Somad, Pak Raden, namun ada juga yang mengenali saya sebagai Bajuri di komik Garudaboi. Senang rasanya, berarti tanda komik Indonesia pun dikenali oleh bangsanya sendiri.”

3. Apakah Khae memiliki tokoh favorite untuk dijadikan cosplayer?

“Tokoh favorit saya Bajuri :D, dan hampir semua yang saya cosplaykan merupakan karakter favorit saya. Garudaboi dan ke-alay-an yang selalu mengundang tawa merupakan favorit berikutnya. Lalu, Galauman yang bikin panggilan saya di kantor berubah dari pak ustaz menjadi manusia galau (walau beberapa hari aja sih). Hanoman yang merupakan tokoh wayang yang saya suka sejak kecil dan sekarang menjadi robot di komik H2O. Karakter Doctor di komik Only Human juga salah satu favorit saya lainnya ^^. Musa di Battle Of Surabaya juga favorit saya :D, berjuang untuk kemerdekaan tak harus lewat senjata, seperti memajukan komik Indonesia tak harus menjadi komikusnya, tapi bisa sebagai pembaca yang mengapresiasi karya para komikus di Indonesia.”

4. Apakah Khae bekerja sendiri atau memiliki tim dalam membuat peralatan cosplayer?

“Saat ini saya masih sendiri. Beberapa atribut cosplay biasanya saya pesan ke teman yang pekerjaannya membuat atribut cosplay, seperti berikut: Bajuri (hampir semuanya cari sendiri di toko terdekat, kumis palsunya order di bukalapak), Garudaboi (Haur Cosplay untuk Kostum dan Wig, Wiko Arsenio untuk Sepatu dan armor tangan), Galauman (Wawan untuk versi awal lalu di modif ulang oleh Qyuu), Hanoman (Qyuu dan Ryan Kampur), Musa dari film animasi Indonesia Battle of Surabaya (Jaket oleh Sunflower Cosplay Shop, Topi beli di pasar tanah abang, nitip temen soalnya, sepatu dan celana pramuka di tokopedia, dan kain merah+tas oleh Qyuu, …. Oh iya, semirnya beli di warung biasa :D), dan yang terakhir Doctor dari tokoh komik Only Human (Herryansyah Jufri untuk Hall of Armor Bekasi).”

5. Apa tanggapan Khae mengenai cosplayer Indonesia yang sudah “Go Internasional”?

“Senang dan bangga kali ya akhirnya Indonesia terkenal karena prestasinya dan semoga makin banyak yang Go Internasional, syukur-syukur membawakan karakter komik Indonesia.”

6. Seberapa besarkah kecintaan Khae terhadap komik lokal?

“Tak usah ditanya lagi apakah saya cinta komik Indonesia atau tidak, walau belum semua tapi sejak tahun 2008 saat masih SMA kelas 2, saya mulai mengoleksi komik Indonesia. Dua judul pertama yang saya koleksi adalah Garudaboi dan Garudayana, cosplay pun saya lakukan sebagai bentuk dukungan pergerakan komik Indonesia yang semakin hari semakin menarik untuk diikuti.

8. Apa alasan Khae mencintai komik dalam negeri?

“Jika ditanya alasan, maka jawabannya silahkan anda sendiri membaca komik Indonesia, maka anda pun akan jatuh cinta pada komik dalam negeri. Mulai dari cerita yang tidak bisa dibuat oleh negara lain (Galauman contohnya, cuma di Indonesia ada kata galau), gambar yang tak kalah keren dengan negara lain, dan ramahnya komikus Indonesia bisa membuat anda jatuh cinta kepada komik Indonesia

9. Siapa saja komikus asal Indonesia yang Khae kagumi dan berikan alasannya?

“Saya pernah mengulasnya di status facebook saya, ada 5 komikus yang bikin saya jatuh cinta sama komik Indonesia adalah Galang Tirtakusuma dengan kelihaianmya membuat jokes, Is Yuniarto dengan kemampuannya mengeksplor dunia wayang sehingga lebih bisa dinikmati generasi sekarang, Ockto Baringbing dengan premis cerita yang selalu menarik, C. Suryo Laksono yang selalu ng-Indonesia banget dan terakhir namun bukan berarti yang terakhir, Sweta Kartika yang menempatkan fansnya seperti layaknya keluarganya sendiri.”

10. Apa harapan Khae untuk perkomikan Indonesia?

“Harapan saya Perkomikan Indonesia semakin maju dengan kompetitif dan menarik ceritanya serta bisa mengangkat keunggulan komik indonesia dibandingkan dengan komik luar negeri lainnya.”

11. Mengapa Khae memutuskan untuk bergabung dengan K2GB sebagai salah satu pengurusnya?

“Saya bergabung karena saya diundang XD, selain itu karena saya ingin menjadikan K2GB sebagai sarana saya untuk belajar menjadi komikus dengan memantau perkembangan member yang kian hari kian aktif dalam meramaikan grup.”

12. Harapan apa yang ingin Khae sampaikan untuk K2GB?

“Harapannya K2GB bisa mewujudkan impian orang yang ingin menjadi komikus dan bisa menjembatani persatuan dan kekeluargaan antara komikus dan pembacanya. Satu hal yang ingin saya sampaikan, tetaplah menjadi bintang di langit, komik dan cosplay karakter Indonesia dan semoga cinta kita akan abadi ya, Maudy Ayunda :D, buat para komikus, semoga sinarmu tetap menyinari alam ini, dan bisa menjadi saksi kebangkitan komik Indonesia bersama“.

Wawancara di atas menjadi bukti nasionalisme seorang Khae yang luar biasa untuk kemajuan komik Indonesia. Prinsip teguh dan semangat yang gigih membuat Khae diyakini bisa menciptakan aura postif bagi grup K2GB. Semoga dengan bergabungnya Khae Mohamad Khaerul Fahmi sebagai salah satu pengurus Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB), diharapkan bisa menjadi badai penyemangat kreatifitas bagi grup yang sedang beranjak naik ini. Jayalah industri perkomikan Indonesia.

Khae Project link: EnigmazE

Group link: Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB)

Iklan

Tentang dhanakhir

Comic Executor & Creative Director Komunitas Komikus Generasi Baru
Pos ini dipublikasikan di Berita Harian dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s