ALIANSI KOMUNITAS KOMIKUS REGIONAL INDONESIA BERAKSI !!!

Komik merupakan salah satu media grafis yang digunakan untuk menyampaikan berbagai macam  pesan mulai dari moral, hubungan manusia dengan tuhan, kritisasi atas suatu kondisi, ilmu pengetahuan, dan masih banyak lagi hal lain yang bisa dituangkan didalamnya. Dengan komik, kita bisa memberitahukan identitas kita kepada khalayak ramai mengenai situasi tempat di daerah tertentu. Indonesia merupakan negara berkepulauan terbesar di Dunia. Keanekaragaman suku dan budaya yang berlimpah bisa kita nikmati sambil menjelajahi betapa indahnya negeri jamrud khatulistiwa. Hal Ini bisa dijadikan sebagai kekuatan dari komik Indonesia dengan menggaungkan latar dari budaya adat istiadat yang kita miliki.

Poster Web Aliansi 1

Puluhan nama komunitas komik regional Indonesia miliki. Berjuang mempertahankan eksistensi tahta tanah air dalam serbuan komik-komik impor yang membuat sebagian dari mereka berkeluh kesah akan hal ini. Beberapa komunitas komik regional ada yang hidup, sebagian tenggelam, yang lainnya entah tak terdengar suaranya. Padahal, banyak dari kawan-kawan komikus nasional diluar sana yang memiliki kemampuan tak kalah hebat dari seorang komikus asal negeri samurai. Beberapa dari mereka bergerak sendiri, melupakan tempat daerah asal dirinya mengucap janji untuk membawa nama besar kota mereka dalam pertarungan komik dalam negeri. Filosofi sapu lidi memang benar adanya, bilamana hanya satu batang lidi tidak mempunyai kekuatan namun setelah di ikat menjadi satu akan menjadikan kekuatan utuh yang sulit untuk dipatahkan dan dihancurkan.

Berangkat dari hal ini serta visi beberapa senior komikus yang kami kenal, MKI atau lebih akrab disapa Masyarakat Komik Indonesia (prakarsa Wahyu Sugianto beserta teman-temannya di tahun 1997), dan Komunitas Komik Indonesia (prakarsa Surjorimba Suroto dan Beng Rahadian, tahun 2009), merujuk kedalam sebuah kesatuan visi memajukan komik nasional. Dua level nasional tersebut diisi oleh para senior serta aktivis komikus, dan kami atas nama Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB) sebagai calon komikus generasi baru bertekad untuk meneruskan perjuangan para senior dengan membentuk sebuah Aliansi Komunitas Komikus Regional Indonesia. Respon dari kesemua komunitas komikus regional positif dengan sambutan yang baik akan bersedia turut serta dalam pergerakan ini. Tidak perlu bersusah payah menyuguhi kontribusi dalam forum K2GB, cukup memberitahukan pada kawan-kawan K2GB bahwasanya Bali (Comicotopia), Bogor (Raincity Artholic), Semarang (Lumpia Komik), Jakarta (Akademi Samali), Surabaya (Komunitas Komik Bungkul), Bandung (Funco Comic), Malang (Komunitas Tukang Tutur), Solo (Pakarso), Sampit (Saco), Depok (Komunitas Komik Pelajar Depok), Jogja (Forum Komik Jogja), Medan (Gambaris), Palembang (Ink Palembang), Makassar (Mangaka Makassar), Aceh (Panyoet), Batam (Baskom), Kudus (Ark Legion), dan Mataram (Mata Coin), memiliki komunitas komik yang aktif untuk mereka ikuti.

Foto2 Komunitas

Jadi jika ada dari kawan-kawan yang bertanya “kenapa K2GB tidak pernah mengadakan gathering?”, maka kami akan tegas menjawab “K2GB bukan komunitas penjajah yang mengadakan gathering di dalam kota yang sudah memiliki komunitas komik, karena kami menghargai sejarah dan nilai etika di dalam komunitas regional tersebut”. Gathering K2GB adalah gathering komunitas komikus regional di masing-masing daerah. Dengan menghidupkan komunitas komik regional, kami yakini kelak akan ada sebuah wujud nuklir dari para pejuang komik nasional di dalam sana. Berharap, Aliansi Komunitas Komikus Regional Indonesia di dalam forum K2GB bisa saling mengikat tali silaturahmi, saling berbagi, saling promosi, saling bertukar relasi, dan saling mensupport satu sama lain demi kemajuan komik regional bersama. Jayalah industri perkomikan Indonesia.

Aliansi Komunitas Komikus Regional Indonesia link: Bali, Bogor, Semarang, Jakarta, Surabaya, Bandung, Malang, Solo, Sampit, Depok, Jogja, Medan, Palembang, Makassar, Aceh, Batam, Kudus, Matarram

Group link: Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB)

Iklan

Tentang dhanakhir

Comic Executor & Creative Director Komunitas Komikus Generasi Baru
Pos ini dipublikasikan di Berita Harian dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s