WAWANCARA EKSKLUSIF BERSAMA KALONGZZ, SANG JAWARA GRAND PRIX SILENT MANGA AUDITION 04 JAPAN

Walaupun belum lama ini baru mengenal sosoknya, akhirnya Admin Khae dengan memberanikan diri mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai salah seorang artis papan atas muda Indonesia bernama Maudy. Jangan kaget dan heran terlebih dulu. Di sela kesibukannya kuliah di salah satu Universitas ternama, dia  menyempatkan diri untuk menjawab beberapa pertanyaan yang Admin Khae lontarkan.  Sungguh beruntungnya bagi seorang Admin Khae dapat menggali informasi yang mungkin jarang diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Mari kita simak apa yang di obrolkan pada kesempatan yang berharga tersebut.

Post

maudy_N

Sayangnya bukan Maudy di atas. Karena Maudy yang dimaksud adalah Maudy Nathania. Dirinya menggunakan nama samaran “Kalongzz” dan berhasil menyabet gelar Grand Prix Silent Manga Audition 04 dengan hasil karyanya yang berjudul “Birdy“. Berikut dibawah ini wawancara Admin Khae bersama dengan Kalongzz untuk menelik lebih jauh informasi dirinya seputar komik dan keikutsertaannya di ajang Silent Manga Japan yang lalu:

Khae : “Selamat pagi mbak Maudy Nathania. Bagaimana kabarnya? Manggilnya Maudy, Natha, Nia, atau Ayunda?
Maudy : “Baik (hahaha) Panggil Maudy saja.

Khae : “Oke, Maudy. Selamat ya atas prestasinya di Silent Manga Audition Contest (SMAC)^^, Saya penasaran nih, nama pena di SMAC itu sebenarnya terinspirasi dari apa? Apakah kelelawar yang tertidur? (Kalong = kelelawar, zz = tidur) *krik krik*
Maudy : “Nama Kalongzz itu muncul saat Saya dan teman lagi begadang. (kan biasanya disebut) ngalong (hahaha)

Khae : “Oh, gitu ya. Penasaran nih, ceritain dong awal mulanya bisa ikut SMAC?
Maudy : “Jadi awalnya itu dapat info dari teman kakak, terus Saya sama teman yang bernama Nadine, kan memang suka ikutan lomba komik dari SMP, yaudah deh kita mau cobain aja ikutan SMAC 03 yang pada waktu itu bertema “Mother”. Sebenernya waktu itu susah juga sih, soalnya ikutannya pas banget pas kelas 3 SMA dan lagi sibuk-sibuknya belajar buat persiapan UN. Belum perbedaan pendapat sama temen (waktu bikin komik) juga ikut menghambat proses pembuatan komik. Tapi akhirnya bisa selesai juga. Kalau untuk SMAC 04 yang bertema “Charming Gift” beda lagi (ceritanya). Soalnya Saya kan udah kuliah dan memutuskan untuk kerja sendiri. Karena kalau udah kuliah (kan) susah (buat) nentuin waktu (ngerjain komik) bareng sama temen. Udah sibuk juga sama tugas masing-masing. Awalnya sedih juga sih ngerjainnya cuma sendiri, tapi ternyata bisa dan lebih bebas juga buat komiknya.

Khae : “Ada pengalaman unik nggak pas ngerjain SMAC?
Maudy : “Pengalaman uniknya sih paling, setiap kali kirim entrynya selalu di hari-h dan detik-detik terakhir.

12899884_10205693545242282_515591362_n

Khae : “Wah sama dong, Saya (bareng temen Saya yang bernama Denis) juga sukanya bikin pas udah mepet-mepet waktunya (haha), BTW, waktu submisi SMAC 04 kemarin nyangka ngga sih bakal dapet Grand Prix Award?
Maudy : “Ga nyangka banget bisa menang. Soalnya, menurut Saya komik yang Saya buat masih belum maksimal, terus liat dari entry peserta sebelumnya juga pada bagus semua.

Khae : “Wah berarti surprise banget ya waktu itu XD (haha), selain SMAC, pernah ikut lomba komik lainkah?
Maudy : “Sering ikutan sih (hahaha), sering ikutan tapi sering kalah juga. Dari SMP suka ikutan lomba komik sampai sekarang dan pertama kali menang pas ikutan WDCC (Wacom Datascrip Comic Competition) tingkat SMA, terus yang sekarang SMAC 03 dapet The Excellence  dan SMAC 04 dapet Grand Prix.

JUARA-1-SMA-HYPOCRISY-by-NADINE-MAUDY

Khae : “Wah keren mbak ^^b, Kalau ada yang mau kepo karyamu, bisa lihat dimana?
Maudy : “Paling yang udah di publish itu entry komik WDCC di Web Re:on comics berjudul Hypocrisy http://reoncomics.com/komik/wdcc-2014/hypocrisy , Udah sih itu aja, ga pernah masukin di web komik atau post di mana gitu sih (hahaha)

Khae : “Yah nggak bisa kepo deh .__.) , Mbak Maudy, sejak kapan sih mulai suka bikin komik?
Maudy : “Sejak SMP dan terus berlanjut sampai sekarang.

Khae :  “Dari kecil udah bercita-cita jadi komikuskah?
Maudy : “Saya dari kecil memang senang menggambar dan sempat terpikir ingin jadi komikus. Terus, ketika berkenalan dengan komik, itu suatu hal yang baru bagi saya. Karena, selain menggambar, Saya juga dapat menceritakan sebuah kisah kepada orang lain, lalu membuat karakter Saya hidup di dalamnya, seperti membuat sebuah film. Saya pun lebih senang membuat komik bisu, karena ada sebuah tantangan untuk bercerita dengan gambar. Selain itu komik bisu bisa dinikmati secara universal.

Khae : “Denger-denger kamu masih kuliah ya? Gimana caranya mengatur waktu antara belajar dan ngomik?
Maudy : “Sekarang baru masuk kuliah dan udah semester 2. Dan berhubung masuknya FSRD, jadi ga terlalu sulit membagi waktunya, paling mendahulukan tugas-tugas dulu baru kalau udah selesai/lagi jenuh, dikerjain si komiknya. Biasanya sih Saya juga ngerjainnya kalau ada waktu yang benar-benar kosong/libur. Dulu waktu SMA juga biasa gitu membagi waktunya.

Khae : “Pernah nggak, dimarahin orang tua gara-gara ngomik terus sampai lupa waktu?
Maudy : “Ga sih, soalnya santai juga ngerjainnya dan masih inget makan juga (hahaha)

Khae : “Inget makan ya? Kirain tadi inget mantan. Jadi baper nih *woy fokus Khae, move on move on*. Oke, lanjut. Siapa sih komikus yang paling bikin kamu terinspirasi bikin komik?
Maudy : “Banyak sih. Pokoknya setiap baca komik jadi pengen juga cobain buat komik gitu.

Khae : “Kalau judul komik favorit?
Maudy : “Yotsuba, komik karya Shiro Amano & Noragami karya Adachitoka.

Khae : “Itu kalau dari Jepang ya, kalau komik/komikus Indonesia yang paling keren menurutmu apa/siapa?
Maudy : “Saya suka karya- karya dari kak Sweta.

main

Khae : “Wah saya juga suka banget 😀 #SwotaGarisKeras  (haha)
kalu gitu, karyanya Kang Sweta yang paling berkesan apa dan alasannya kenapa?”
Maudy : “Grey & Jingga. Gambarnya bagus, ceritanya juga menarik, beda sama komik cinta pada umumnya.”

Khae : “*Tos* Saya juga suka, walau lebih suka Nusantaranger dan H2O Reborn ^^7 , kamu yakin nggak, suatu saat komik Indonesia bakal ngalahin komik luar negeri?
Maudy :  “Seharusnya sih bisa. Soalnya banyak sekali orang Indonesia yang suka baca & bikin komik, bagus-bagus pula karyanya. Tinggal ada dukungan lebih dari semua orang agar industri komik Indonesia bisa tambah maju.

Khae : “Mantap! Terakhir deh sebelum saya pulang, apa kesan-pesan kamu buat sesama komikus dan juga untuk pembaca Indonesia?
Maudy : “Pesan buat para komikus, kalau kalah lomba jangan berhenti ngomik dan coba terus. Kita bisa belajar dari pengalaman itu, cari tau apa kesalahannya, diperbaiki dan kedepannya bisa menghasilkan karya yang lebih baik dari sebelumnya. Dan tetap berpikir positif, karena dari pikiran juga bisa mempengaruhi hasil karya kita. Jangan lupa makan dan tidur juga. Untuk pembaca di Indonesia, baca terus komik Indonesia! Sekian.
Khae : “Pesan yang sangat baik d^^b .Terima kasih atas waktunya dan sampai ketemu di pertemuan selanjutnya 🙂 , maaf karena telah menyita waktunya, semoga sukses selalu buat mbak Maudy Nathania ya, baik akademik maupun alakomik. Minta “oleh-olehnya” juga ya waktu ke Jepang nanti buat ikut Master Class 😀

XGRA-AXY

Demikian kurang lebih percakapan Admin Khae bersama dengan Maudy Nathania sebagai jawara SMAC 04. Semoga dengan wawancara ini bisa membangkitkan semangat para Komikus Generasi Baru untuk selalu berusaha menorehkan prestasi. Bukan larut dalam kontroversi style mana yang lebih Indonesia, tetapi segera memberi bukti prestasi yang bias membuat nama Indonesia dikenal melahirkan komikus jempolan bertaraf Internasional. Mengutip kata komikus favorit Admin Khae, “XGRA AXY” ya teman-teman sekalian. dari Admin Khae, Salam Alabiyung !!! Jayalah perkomikan Indonesia, jayalah Komunitas Komikus Generasi Baru.

Admin Khae Youtube Channel: BakalikuRant
Group link: Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB)

Iklan

Tentang dhanakhir

Comic Executor & Creative Director Komunitas Komikus Generasi Baru
Pos ini dipublikasikan di Berita Harian dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s