EVENT PENTOLAN SIAP DIGELAR..!!!

Kami lelah menunggu orang lain membuatkannya untuk kami…“.
Inilah kutipan yang mewakili terselenggaranya event komik aksi awal tahun 2016 di Komunitas Komikus Generasi Baru atau yang lebih akrab disapa K2GB. Dalam waktu dekat, K2GB akan menggelar sebuah event dengan nama “Pentolan”. Pentolan adalah event dimana setiap peserta akan membuat komik dengan genre aksi sebanyak 25 halaman one shoot. Komik-komik peserta terbaik menurut penilaian para juri akan dicetak secara kompilasi oleh Penerbit Kosong dan disebarluaskan secara nasional.

12171520_1661707937408400_1693750566_o

Pentolan merupakan event komik idealis. Tujuan diadakannya event ini sebagai pembelajaran dari replika pembuatan komik seutuhnya, sehingga komik tersebut layak diajukan pada pihak penerbit. Dalam event ini, setiap peserta dituntut untuk dapat menembus batas kemampuan menggambar, menemukan karakter goresan gambar, dan menyampaikan pesan moral/kritik/keinginannya dalam komik tersebut. Pentolan tidak memandang gaya gambar apa yang akan dipakai oleh setiap peserta, karena pada dasarnya esensi komik adalah untuk menyampaikan pesan seorang komikus tersebut kepada orang-orang yang akan membaca karyanya.

Teknis dalam event Pentolan ini, peserta diwajibkan mengetahui cara membuat komik dasar terlebih dahulu. Event ini gratis tanpa dipungut biaya apapun. Tidak diwajibkan bagi anak-anak yang rentan akan kekerasan untuk mengikuti event ini dikarenakan event ini seyogyanya dibuat untuk memenuhi hasrat para pecinta komik aksi yang notabene banyak menggambarkan kekerasan, keributan dan pertumpahan darah dalam alur ceritanya. Para peserta harus mempersiapkan bahan komik one shoot mereka berupa: logo, sinopsis, premis, logline, karakter, dan 2 halaman klimaks dari pengembangan cerita yang akan dibuat. Sekali lagi diingatkan bahwa Pentolan ini adalah event komik one shoot, bukan event komik series. Cerita bebas dari masing-masing peserta, hanya saja porsi action-nya harus lebih mendominasi.

Pentolan – Action Comic Compilation Tournament ini akan diselenggarakan pada tanggal 22 Januari 2016 di grup K2GB. Event ini terselanggara berkat kerjasama Komunitas Komikus Generasi baru bersama dengan Penerbit Kosong. Juri event ini antara lain adalah Penerbit Kosong, Monstaqua yang merupakan circle dari penikmat komik action, dan Khae sebagai duta komik Indonesia masa depan. Para peserta akan dinilai berdasarkan niat, eksekusi komik, pengembangan cerita, serta setiap level yang mengandung unsur penilain tersendiri.

Akhir kata, jangan buat keributan atas apa yang terjadi, buatlah karya untuk mewakili itu, karena kita adalah seorang komikus, hanya dengan karya kita bisa bersuara lantang. Buatlah komik yang layak baca, jangan membuat pembaca menyesal karena telah mengeluarkan uang mereka untuk membeli komik yang dibuat dengan setengah hati. Mari kita buat Pentolan sebagai komik aksi kompilasi terbaik, karena kami yakini bahwa setiap komikus pasti memiliki idealisme untuk menciptakan karya yang mereka anggap terbaik untuk dipublikasikan. Nama kalian dipertaruhkan sebagai “Pentolan”, busungkan dada, bakar semangat, tingkatkan kepercayaan diri, yakini 1 hal, kualitas komik “Pentolan” siap diadu dengan kualitas komik lainnya. Jayalah perkomikan Indonesia, jayalah Komunitas Komikus Generasi Baru.

Group link: Komunitas Komikus Generasi Baru (K2GB)

Tentang dhanakhir

Comic Executor & Creative Director Komunitas Komikus Generasi Baru
Pos ini dipublikasikan di Berita Harian, Event dan tag , . Tandai permalink.

4 Balasan ke EVENT PENTOLAN SIAP DIGELAR..!!!

  1. khairul suyanto berkata:

    saya ingin ikut
    h bingung caranya

    Suka

  2. kapan ada lagi nih? saya udh telat soalnya..

    Suka

Tinggalkan komentar